Fakta dan Ada Apakah dibelakang Opera Mini

Category : Labels: , , ,

Opera Mini


Opera Mini, ya.. anda sebagai seorang blogger yang sudah bisa dibilang maniak internet tentu saja sudah mengetahui tentang browser yang digunakan untuk platform handphone ini. Opera Mini merupakan browser kedua yang penting bagi saya setelah Mozilla Firefox versi desktop. Sekian lama menggunakannya, apakah anda sudah mengetahui beberapa fakta dan apakah yang ada dibalik kemegahan dan keistimewaan browser mini yang satu ini. Dalam bahasan ini penulis akan lebih cenderung kepada Opera Mini versi 4. Karena penulis lihat, browser mini versi ini masih banyak dipakai oleh banyak kalangan daripada versi terbaru 5 beta nya. Nah, berikut beberapa fakta mengenai opera mini.

Menggunakan Server Transcoder

Proses. hasil data atau gambar yang kita peroleh bahkan password dan username yang muncul di jendela handphone kita itu bukan merupakan hasil langsung si Opera Mini menuju dan memproses data ke dan dari server tujuan. Melainkan menggunakan server Transcoder Opera Mini dulu untuk mengolah data, sekaligus mengcompressnya dari server yang kita tuju, lalu server transcoder baru mengirimkan hasilnya ke handhpone kita. Jadi server transcoder dalam hal ini berperan sebagai perantara bagi kita dan web yang kita tuju. Di server transcoder, data halaman web diolah dan diformat sedemikian rupa sehingga pas/tepat untuk HP kita. Maka jadilah format OBML. Maka dari itu, kita tidak akan bisa membuka halaman hasil dari penyimpanan Opera Mini ini di browser pada umumnya, dan begitu juga sebaliknya. Opera Mini menggunakan server proxy yang terletak di Finlandia (atau Denmark) sana. Jadi wajar saja bila IP kita dikenali sebagai IP (Internet Protocol) luar negeri sana. Dan wajar juga bila kecepatan akses kita untuk situs lokal yang menggunakan server lokal lebih lambat daripada situs luar.

Begini kira - kira gambar diagram dari prosesnya.
Bagan Proses ( Kerja ) Opera Mini

Dukungan Javascript Terbatas

Opera Mini sebenarnya tidak mendukung Javascript. Javascript dan script dinamis lainnya diproses di server transcoder. Jadi Opera mini hanya menampilkan hasil eksekusi atau proses yang didapat dari server transcoder.

Format File bukan HTML

Format yang didukung oleh Opera Mini hanyalah OBML ( Opera Binary Markup Language ) dan bukan HTML ( Hypertext Markup Language ). OBML adalah halaman web yang sudah diformat oleh server transcoder agar hanya bisa dibaca oleh Opera Mini. Maka, kita tidak akan bisa menampilkan file dengan format OBML, di browser desktop PC kita.

Alamat IP khas

Karena menggunakan server transcoder, maka alamat IP yang digunakan tentunya IP ( Internet Protocol ) dari server transcoder, bukan dari IP kita ( kalau dilihat dari web/blog yang mempunyai pencatat IP ).

Menggunakan Mesin Layout yang sama dengan Opera desktop

Opera mini tentunya masih satu keluarga dengan Opera desktop, jadi tentunya browser mini ini juga menggunakan mesin layout yang sama dengan Opera desktop, yaitu Presto. Tapi lain halnya dengan Opera desktop ataupun Opera Mobile ( bukan Opera mini lowh yach ), Mesin layout ini terletak pada server (transcoder) bukan pada HP kita tersebut.

Tingkat Kompressi Halaman Web Opera Mini yang Tinggi

Tingkat kompresi dalam web di Opera Mini sangat tinggi. Tingkat kompresi bisa sampai sekitar 90 persen dari total besar (berat) halaman web. Sehingga bisa menghemat biaya (pulsa). Bahkan kita bisa mensetting sendiri untuk tampilan resolusi dari gambar yang akan ditampilkan, tentunya dengan bantuan server transcoder.

Opera Mini Gratissss !!

Tentunya, server transcoder juga membutuhkan biaya untuk bisa selalu beroperasi. Tapi, asyiknya Opera Mini masih menggratiskan layanan ini.

Via : Abrari - Fakta Tentang Opera Mini

24 Komentar:

salam hangat N sukses 4 u...

Makasih buat infonya... :)

waaah... ternyata ada apa2nya diblakang sobt... :D

Nice Info,,:a: Kunjungan plus koment.Koment back on Award Untuk Anda Mas !!

saya suka nyimpen file via opera.. tapi kira2 apa bisa di buka di kompi ya..??

hahah HP ane nokia 1112 gan..
mimpi punya opera mini, tapi kompi ane browserntya latest semua :)

maksih infonya,,, keren sukses selalu ya. salam kenal ,,,

Info yang bermanfaat sobat! Lama sekali tak berkunjung ke sini. Makasi sob!

Kunjungan balik ^^ Sebenernya sih aku ngeblog dan sgala macem pake opera mini lhoo.. Cuman kalo mau main petsos, ngatur halaman wirenode, baru ke warnet, ga punya kompi di rumah seh! Tp lumayan oke lho, si opera mini ini XD

kayaknya opera mini masih jadi andalan buat hp ya

thank's infonyaa... saya selalu menggunakan opera mini untuk blogwalking...

selama ini cuma fanatik sama mozilla mas
makasih infonya
soalnya gak paha opera
alternatif kedua malah IE saya downlaodnya kenceng :D

kl dulu sih bs bener2 gratis yah utk ngenet pk opmin, tp sekarang susye...

Nice Info... Thanx...

Hmmm, thanks buat Info-nya yah

By Mas Kumis

Wah Opera Kayaknya dah Populer untuk Mobile... Mantap deh kalo dah pke Opera di Mobile

@ Masdoyok : Ini Opera mini,bukan Opera desktop.. ehehe :D

begitu ya sob...
terima kasih informasinya....
emang mantap postingannya...

makasih infonya sob..
mantabb..

heheh iya gan, besok ane tulis deh trik comentbox nya, sedikit petunjuk nih :)
pake jQuery modalbox
:p

bagus sekali sob,makasih infonya

Saya juga suka dengan opera mini. Mungkin disinilah keunggulan opera dibanding browser lain.
Salam kenal ya

Sayangnya Opera Mini 5 ini kok gak bisa mengeksekusi Java Script seperti di kebanyakan situs mobile. Dimana script Javascript tsb biasanya merupakan sambutan buat pengunjung. Tapi justru membut halaman malah gak bisa dibuka.

Post a Comment