Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Layout Engine Browser

Category : Labels: , ,



Anda pasti tahu apa itu browser, browser yang membantu menjelajahi dunia yang penuh keajaiban dan ilmu juga tentunya (ehehe ). Anda yang cukup berpengalaman dan telah cukup sering berselancar di dunia maya, kurang lebih pasti mengetahui perbedaan tampilan suatu website atau blog di masing - masing browser yang berbeda. Biasanya yang cukup kelihatan perbedaan tampilan/style /template adalah website yang menggunakan mesin generator web Blogger.Com. Nah, perbedaan ini dikarenakan oleh mesin layout masing - masing browser.

Setiap web browser mempunyai mesin layout (layout engines) yang berbeda. Tugas dari mesin layout ini adalah untuk memproses dan menerjemahkan, merender tampilan suatu web dari kode - kode CSS, HTML dan menjalankan script client-side seperti halnya Javascript. Mesin layout inilah yang menyulitkan dan menjadi suatu tantangan tersendiri bagi para web developer. Mesin - mesin inilah yang harus dikalahkan oleh para web developer.

Setiap browser memiliki mesin ini, walaupun tidak semuanya sama. Tapi banyak juga yang menggunakan satu jenis mesin layout, sehingga mereka mempunyai tampilan yang sama.

Berikut beberapa mesin layout yang digunakan oleh browser populer :

Gecko 
Adalah suatu mesin layout ( layout engine ) yang dikembangkan oleh Mozilla Corporation yang kini digunakan oleh beberapa browser yang tentunya tak salah lagi Mozilla Firefox. Selain itu ada browser lain juga yang menggunakan mesin layout ini yaitu Flock, suatu browser social networking. Dan masih banyak lagi lainnya. 
mozilla firefoxflock


Webkit
Aslinya mesin ini dari KHTML ( Konqueror browser Linux ). Beberapa browser yang menggunakannya adalah Google Chrome, Safari milik Machintos, Arora, Maxthon, Epiphany, dan beberapa lagi lainnya.
safariGoogle Chrome


Presto 
Mesin Layout yang satu ini dikembangkan oleh Opera dan digunakan di Opera 7 dan sesudahnya. Hanya browser Opera lah yang menggunakan mesin ini.
Opera Browser


Trident
Mesin ini dipakai oleh Internet Explorer dari Windows (Microsoft) sejak versi 4.0. Selain Internet Explorer, browser yang menggunakan mesin ini adalah Maxthon.
Internet Explorer Browser

Dan banyak lagi lainnya. Untuk list yang lebih lengkap silahkan ke List of Layout (Wikipedia)

2 Komentar:

thakns infonya nih. jadi lebih tau saya :D

kunjungan pagi broo sambil cari informasi...

Post a Comment