Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.

Memunculkan Widget Blog Blogger Hanya di Halaman Postingan Tertentu Saja

Category : Labels: , , , ,



Memunculkan widget blog blogger hanya di halaman postingan tertentu saja maksudnya widget hanya akan muncul bersamaan dengan postingan tertentu saja. Sebagai contoh, anda memiliki widget 'shoutmix' yang ada letakkan di blog anda dan dan sebuah artikel blog tentang 'Cara Mendaftar, Mencustomisasi, dan Memasang Shoutmix di blog blogspot'. Dan anda menginginkan widget shoutmix ini hanya muncul muncul bersama pada saat artikel tersebut dibuka saja. Hal ini tentu saja juga sebagai suatu alternatif untuk menghemat suatu ruang dalam sebuah blog. Agar blog tidak kelihatan sempit karena terlalu banyak widget yang muncul pada saat apapun. Nah, bila anda menginginkannya anda bisa membuatnya dengan cara.
  • Masuk ke dalam akun dashboard anda ► Layout ► Edit HTML
  • 'Tanpa Menceklist/ mencentang kotak kecil bertuliskan Expand Widget Templates scroll kebawah dan temukan kode widget anda. Tentunya tempat anda memasang widget anda tersebut. Bila anda letakkan di sidebar cari kode <div id='sidebar-wrapper'> (setiap template bisa berbeda - beda) dan kode widget anda terletak di bawah kode tersebut. ingat - ingat id dari kode widget anda tersebut. Sebenarnya ini hanya langkah untuk mempermudah dalam mencari kode. Tapi bila hal ini malah membingungkan dan anda sudah cukup berpengalaman anda bisa melewati poin ini.
  • Nah bila sudah mengetahui id dari widget anda, sekarang klik checklist 'Expand Widget Templates'. Cari id widget anda tadi. Gunakan CTRL + F untuk pencarian lebih mudah.

    • Copy dan paste kan kode <b:if cond='data:blog.url == "URL ARTIKEL YANG ANDA PILIH"'> di awal kode widget yang anda pilih dan </b:if> di akhir kode widget yang anda pilih. Atau lebih mudahnya seperti ini :
      <b:if cond='data:blog.url == "Blog Post URL"'>

      Letakkan kode widget anda di sini
      </b:if>

      dan mungkin bisa seperti gambar di bawah ini

      widget hanya muncul di posting tertentu saja

      • Save Template anda

        4 Komentar:

        Wah mantap sob.. keep blogging ajah...

        makasih tutorialnya yach.....!!

        kunjungi balik dan komentar yach...!!

        sip dah aq juga dah pake, lihakan d blog aq, pas buka link postingan widged g ada sebagian

        kelihannya oke juga, coba ahhh

        Post a Comment