Mencari dan Mengetahui Device Driver Hardware Komputer Yang Belum Diketahui

Category : Labels: , , , , , ,

Biasanya, bila anda membeli suatu perangkat keras (dalam hal ini perangkat keras komputer yang biasa disebut driver) anda akan langsung mendapatkan software device driver hardware tersebut. Dan mungkin bila anda kehilangan software yang anda miliki, anda masih bisa mendownload driver tersebut dari situs vendor hardware ersebut melalui internet. Nah, masalahnya apakah anda tahu driver type dan versi berapa dan siapa vendor dari hardware tersebut bila anda ingin mencarinya. Tidak mungkin semua software driver support (cocok) untuk semua jenis peripheral (hardware) komputer. Jadi bagaimanakah anda cara Mengetahui dan Mencari lalu mendapatkan software device driver hardware komputer yang belum diketahui ?. Tentu saja anda dapat menggunakan berbagai macam software pencari device driver secara otomatis dari internet. Tapi bila anda malas untuk mendownload dan lalu menginstallnya dan mungkin saja hasilnya tidak valid, anda pasti akan merasa kecewa dan frustasi. Beginilah tipsnya.

Setiap perangkat (device) memiliki ID vendor dan ID device yang tertanam dalam perangkat masing-masing. Bila kita dapat mengetahui ID ini, kita dapat menemukan sesuatu yang kita cari (yang kita butuhkan). Di lingkungan Operating System Windows mudah sekali untuk mengetahui ID yang kita maksud ini.  Caranya:
  1. Buka Device Manager (Control Panel ►System►Hardware►Device Manager) atau bisa juga melalui klik kanan My Computer ►Properties►Klik tab Hardware►Klik tombol Device Manager.
  2. Hardware (perangkat keras) komputer yang belum dapat dikenali oleh OS, akan diberi tanda warna kuning dengan tanda tanya (?) dan juga dengan tulisan Unknown device.  Jadi sangat mudah sekali ditemukan.
  3. Klik kanan pada Device yang belum diketahui tadi dan klik Properties
  4. Di dalam window Properties klik tab Details dan pilih Device Instance Id dari kotak pilihan drop down
  5. Anda akan menemukan tulisan seperti berikut.
  6. PCI\VEN_8086&DEV_27DC&SUBSYS_30868086 &REV_01\4&1E46F438&0&40F0
  7. Artinya, kode yang ditunjukkan dengan warna merah itu merupakan ID Vendor atau pembuat device (perangkat) tersebut. Dan yang berwarna hijau, merupakan ID dari perangkat (device). Jadi seperti ini,
  8. Vendor ID = 8086
    Device ID = 27DC 
  9. Langkah selanjutnya buka website PCI DATABASE. Situs ini lumayan dikenal sebagai penyedia informasi mengenai perangkat. Dan cari data yang anda dapatkan tadi, ID Vendor dan ID Device. Setelah dapat anda pasti akan diarahkan langsung ke tempat mendownload software driver tadi.

9 Komentar:

pertamax g yah........ wah ini yang aq cari sob, izin langsung save nih, kebetulan aq punya VGA tapi drivernya g ada, dah nyari g ketemu2. moga dengan artikel ini bisa membantu. terima kasih awan dah d share

Cobadi bookmark dulu. mungkin sewaktu2 butuh

wah, kalo leptop kemungkinannya sih kecil :)

sy baca lbh dari sekali tuk coba memahami, maaf pslx sy yg gaptek dikit

hmm...hebat mas
ijin disimpan ya mas artikelnya, akhirnya sy jd tahu soal vendor dan id hardware komputer

maklum komputer dirumah butut mas..pelu upgrade, hehehe..

salam kenal ya mas..

oh gt ya..ada code2nya juga...

hikz hikzz....... ane gak punya komputer tuh mas... elon sanggup beli.... kapan ya ane punya tangtop... ehhh... laptop........

Tips yang sangat bermanfaat sobat. Makasi ya. Maaf baru berkunjung.

bisa juga untuk HW baru ya mas?

Post a Comment