Pentingnya Defragmenting pada Sistem Komputer

Category : Labels: , ,



Satu lagi tips ringan mengenai komputer, bukan bagian dari blogging tapi cukup penting untuk diperhatikan karena juga bisa menimbulkan efek buruk pada kegiatan ngeblog anda. Cara dan kebiasaan ini mungkin juga sudah banyak yang tahu, tapi masih saja banyak yang melupakannya.


Defragmenting ! Melakukan Defragment secara berkala pada komputer bisa membuat komputer berjalan lebih efisien dan cepat untuk melakukan pekerjaan. Defragmenting adalah jalan untuk membuat komputer anda mere-organize(menata kembali) system, sehingga membuatnya bersih dan lebih cepat.

Bagaimana proses kerja Defragmenting dan mengapa ini bisa menjadi begitu penting ?

Ketika komputer anda melakukan pekerjaan membuka, menyimpan, menggunakan, merubah data pada file, ini menyita tempat dalam harddisk. Bila komputer melakukan kegiatan menyimpan contoh misalnya, system akan meletakkan file tersebut pada suatu area dalam harddisk tersebut. Dan menurut besar ukuran dari suatu file tentu saja akan lebih mudah dalam menempatkan (meng-organisir) file tersebut pada tempatnya.

Dan selama anda menggunakan komputer, seperti untuk melakukan pekerjaan menambahkan/membuat, mengedit, menghapus file, itu akan meninggalkan atau membuat area kosong pada harddisk atau media penyimpan lainnya. Dan inilah yang disebut dengan fragmentation.

Bayangkan harddisk anda sebagai tempat yang rata (memang rata yach.ehehe ) yang disitu terdapat balok - balok yang dianggap saja itu tempat file - file ditempatkan. Dan seperti contoh di atas, file yang kecil akan lebih mudah untuk disesuaikan untuk dimasukkan/ ditambahkan ke dalam area yang kosong yang disebut 'fragmented' tadi. Tapi untuk file yang lebih besar tentu saja juga membutuhkan ruang atau space harddisk yang lebih besar sehingga sulit untuk menyesuaikan dengan ruang yang ada. Nah untuk mengatasi hal itu system akan memecah/split file besar itu menjadi beberapa bagian yang diletakkan pada area/section pada harddisk yang berbeda. Bisa saja letaknya berjauhan. Dan karena hal inilah nanti pada saatnya anda mengakses file besar tadi dalam komputer anda maka system akan mencari, menggabungkan dan baru memberikan hasilnya pada anda. Dan ini akan membuat system menjadi lebih lambat. Kalau file yang terdapat di komputer anda sedikit, tentu hal ini tidak akan terlalu kelihatan dampaknya.



Dan bila komputer anda berjalan lambat maka akibatnya kegiatan/ pekerjaan anda menjadi tidak efisien lagi. Maka dari itu dianjurkan untuk mendefrag system anda secara berkala. Mendefrag atau menata ulang system bisa dilakukan sebulan sekali atau seminggu sekali tergantung intensitas dari kegiatan anda di depan komputer. Tapi juga jangan terlalu sering, malah nanti bisa membuat bosan.

Mendefrag system komputer bisa menggunakan utility bawaan Operating System atau tool tersendiri. Bila anda memakai operating system Windows, bisa menggunakan defragment tool di menu Start - Accesories - System Tool - Disk Defragmenter. Kalau menggunakan OS lain seperti Linux bisa mencari tool yang serupa. Kalau distro besar seperti Suse, Mandrake, Mandriva (varian dari Mandrake), Debian, Slackware, Ubuntu, Redhat, biasanya juga sudah ikut disediakan dalam paket. Atau bisa menggunakan Tool lain dalam CD Multy Tool, atau yang lainnya.

Oh, ya jangan lupa berlangganan gratis artikel terbaru dari blog ini di sini.


12 Komentar:

ga akan ngilangin data ya kak

wah emang penting banget sob
tp aq gk pernh defrag tiap hari karn bisa2 bad sector pd hdd gua cpt rusak heheh

Kalau saya sih didefrag dulu hardisknya kemudian dibuatkan Ghost lalu pake deep freeze. Jadi hardisknya selalu awet. tidak perlu lagi defrag berkala

@ atics : enggak lah. tapi jangan terlalu sering saja. :)
@ Alexa'it : yo'a setuju.. ehehe
@ icang : siiip. mantab..

sudah tahu lo penting tapi kdang males nunggunya hehehe

mantap juga nih buat pengetahuan tankkyu gan senang berkelanan dengan anda

wah aku dah banyak software defragmention yg premium

Bagus.... dua jempol buat kamu....

@ All : Terima kasih semua .. :D

@ Ronaldo Rozalino : Thanks kembali kawan.. :D

Post a Comment